CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sabtu, 06 Juni 2009

E-COMMERCE DAPAT MENINGKATKAN DAYA SAING EKONOMI NASIONAL



“E-Commerce merupakan peluang bagi para pengusaha khususnya pengusaha kecil dan menengah untuk menembus pasar global yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing ekonomi nasional” ujar I Made Bayu Dirgantara, dalam ECOTECH 2009 HMJ Manajemen Reguler II Sabtu (30/5) lalu.

Menurut dosen FE UNDIP ini, E-Commerce di Indonesia sudah ada sejak tahun 1996, yaitu dengan munculnya situs www.sanur.com sebagai toko buku online pertama. Dalam perkembangannya, e-commerce dibagi menjadi tiga generasi yaitu generasi pertama, internet sebagai media promosi melalui situs web atau brosur elektronik. Generasi kedua yaitu pengguna telah dapat melakukan pemesanan produk melalui internet (aplikasi e-commerce), namun dealnya tetap membutuhkan manusia sebagai decision maker (contohnya: bhinneka.com). Kemudian di generasi ketiga, muncul layanan informasi yang terintegrasi secara otomatis tanpa intervensi manusia, content juga bersifat personalized sesuai keinginan pengguna. Selain itu, informasi dapat diakses menggunakan bermacam media seperti handphone.

“Untuk itu, dibutuhkan upaya bersama untuk sosialisasi dan edukasi pasar e-commerce di Indonesia, penyiapan infrastruktur yang mendukung e-commerce, penyiapan regulasi yang kondusif, serta peningkatan kualitas produk nasional agar dapat memenuhi standar internasional dalam menembus pasar global.”

Meskipun e-commerce belum tersosialisasikan dengan baik, nantinya akan ada situs e-commerce dari Indonesia yang dapat bersaing dengan pasar global.

0 komentar: