Lobi adalah salah satu bentuk kegiatan komunikasi yang bersifat informal yang dilakukan guna memperoleh hasil sebagaimana yang diharapkan organisasi maupun perusahaan. Fungsi lobi ini diperlukan untuk melengkapi berbagai upaya organisasi atau perusahaan dalam memperjuangkan kepentingan organisasi bilamana pertemuan-pertemuan formal seperti rapat tidak menghasilkan suatu keputusan.
Pengetahuan tentang lobi tidak hanya perlu dikuasai mahasiswa jurusan komunikasi, tetapi perlu juga dipelajari mahasiswa dari semua jurusan. Mengapa demikian? Sebab, pada akhirnya, semua mahasiswa akan terjun ke masyarakat baik sebagai anggota masyarakat umumnya, maupun menjadi bagian dari organisasi yang berhubungan dengan berbagai pihak. Mereka dapat berperan sebagai pimpinan organisasi atau berperan sebagai anggota biasa. Sebagai contoh kecil, dalam lingkungan kampus, mahasiswa dalam organisasi pasti akan melakukan kegiatan lobying untuk mensukseskan kegiatan yang akan diselenggarakan.
Dalam implementasinya, tidak setiap kesempatan dalam melobi menghasilkan suatu kesepakatan. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain: cara berkomunikasi pelobi yang kurang baik, persiapan yang kurang, strategi yang kurang tepat, maupun argumentasi yang kurang meyakinkan. Dengan adanya kekurangan-kekurangan tersebut, kegiatan lobi tersebut akan menjadi sia-sia karena tolak ukur keberhasilan dari lobying belum tercapai.
Oleh karena itu, pentingnya pelatihan (workshop) tentang lobying sangat diperlukan oleh para mahasiswa untuk bekal mereka dalam lingkungan organisasi kampus, dalam pekerjaan mereka nantinya, maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

0 komentar:
Posting Komentar